Wednesday, July 20, 2011

Klien yang geeran

Klien: Mbak, saya merasa orang satu kampus ngomongin saya deh mbak. Mereka bilang saya bau.
Saya: Loh tau darimana kamu mereka ngomongin kamu?
Klien: Ya tau mbak.. kalo saya jalan dan lewat di depan mereka, mereka ngomong bisik-bisik, tutup hidung, trus ketawa.
Saya: oke... *saya tutup hidung* Menurut kamu, saya tutup hidung kenapa?
Klien: Hmm.. saya ga tau.. mbak kebauan?
Saya: Geer aja kamu.. hidung saya gatel tau!
Klien: ....
Saya: *Ngeliatin klien trus tersenyum nyinyir kemudian ketawa*
Klien: .... *muka bingung*
Saya: Menurut kamu, kenapa saya ngeliatin kamu trus senyum-senyum?
Klien: Mbak sedang berpikir sesuatu yang buruk tentang saya trus ngetawain
Saya: Engga.. geeran banget deh kamu.. saya tiba-tiba keingetan keponakan saya, tingkahnya lucu.
Klien: ...
Saya: Kamu tau ga kenapa saya melakukan dua hal tadi?
Klien: hmmm.. engga mbak..
Saya: Coba dong tebak..
Klien: Mbak mau nunjukin ke saya kalo saya sering geeran
Saya: Iya.. lebih daripada itu, kamu suka ngerasa jadi centre of attention, bahwa kamu terlalu sensitif sama respon lingkungan kamu, terutama yang negatif ya (dari setelah sepuluh kali pertemuan konseling). Semua yang saya lakuin tadi itu namanya bahasa non verbal. Saya melakukan sesuatu dengan tujuan untuk mengkomunikasikan sesuatu, kamu menangkap dan menginterpretasikannya. Trus apa yang kamu tangkap?
Klien: Semua yang mbak lakukan itu ditujukan pada saya.
Saya: Padahal?
Klien: Iya engga juga.. saya aja yang geer.
Saya: Nah! itu diiiaaaaa! Trus kamu mengartikan apa?
Klien: Itu semacam hinaan buat saya.
Saya: Kenapa begitu?
Klien: Ya saya aja yang selalu mikir negatif.
Saya: Padahal?
Klien: Iya belum tentu juga begitu
Saya: Nah ituuuuu diiiiaaa!! Bahasa non verbal itu sarana mengkomunikasikan sesuatu pada pihak tertentu yang memiliki banyak makna dan bisa diinterpretasikan banyak arti. Beda orang, beda pandangan, beda kesan, beda pemahaman.

No comments: